Jumat, 30 April 2010

Nicholas: Tak Ada Pelanggaran HAM di Papua

Selasa, 6 April 2010 | 20:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemimpin senior sekaligus pendiri gerakan separatis Papua Merdeka, Nicholas Youwe (85), mengaku tidak melihat ada ketidakpuasan maupun pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) seperti selama ini kerap disebut terjadi di tanah kelahirannya tersebut. Hal itu disampaikan Youwe, Selasa (6/4/2010), usai menemui Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan jajarannya di Kementerian Pertahanan, Jakarta.
Youwe, yang selama ini bermukim di Belanda, didampingi mantan Mantan Menteri Luar Negeri OPM Nicholas M Messet. Dalam pertemuan itu Youwe juga mengaku bangga saat dirinya dipertemukan dengan sejumlah perwira TNI dari berbagai kesatuan dan matra angkatan TNI, yang berasal dari Papua. Dia minta pemerintah bisa lebih banyak lagi menerima putra asli Papua sebagai prajurit TNI.
"Saya tidak melihat ada hal-hal seperti itu (ketidakpuasan dan pelanggaran HAM) terjadi di Papua. Papua itu wilayah Indonesia dan semua rakyat Indonesia ingin maju. Kami ingin jadi warganegara yang setia," ujar Youwe.
Lebih lanjut kepada wartawan, Youwe mengaku baru beberapa minggu ini tinggal dan kembali ke Indonesia setelah selama hidupnya kebanyakan dihabiskan di Belanda. Terkait pelangaran HAM, dia mengatakan sangat mengenal orang Papua. Ada orang Papua yang beradab dan ada juga yang biadab. Tidak bisa pemerintah Indonesia selalu dipersalahkan. "Hak Asasi Manusia orang Papua sudah direalisasikan pada tahun 1969 dan diakui PBB ketika orang Papua menentukan nasibnya sendiri dalam Republik Indonesia," ujar Youwe.
Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengaku sepakat dengan pernyataan Youwe soal tidak ada lagi pelanggaran HAM di Papua. Menurutnya, Youwe bahkan menganjurkan seluruh elemen OPM untuk mendukung dan membangun RI.

Sumber : 
http://regional.kompas.com/read/2010/04/06/20535475/Nicholas.Tak.Ada.Pelanggaran.HAM.di.Papua-3

3 komentar:

  1. Saya sebagai generasi penerus Ank bangsa papua tidak sepakat dengn slogan yg di katakan olh tokoh Papua Nicholas Youwe & Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.Krn terang benerang pelangarn HAM di Papua selama 64 thn indonsia Merdeka msh trus terjdi olh Militer Ind terhdp msy Papua.

    BalasHapus
  2. freedom papua...
    bapak Nicholas cari makan karena sudah tidak bisa hkidupkan keluarganya. makanya berjuang dengan sepenuh hati. bapak nicholas stop tipu banyak ko bukan pendiri tapi ikut- ikutan tu,masak pendiri OPM kok bisa-bisanya tidak mengakui keberadaanya.. gOblok sekali bapak nicholas botak ini. ooow tong tau ko mungkin bosan hidup jadi cari jalan untuk mati tu. bagus tanggal 1 mei 2015 kami akan bertemu dengan anda pd subu pukul 04.00 WIT

    BalasHapus
  3. ah.....pace nikolas ni dia pu kakak sama yudas mo.....muka tu=uang 50 logam.jual diri skli....orng begini yg hrs mati cepat supaya jgn karena dia punya otak udang tu dan poro harta tu telang kita pu papua hingga bunuh bnyk orng papua.

    BalasHapus