Minggu, 11 April 2010

Warga Boven Digoel Mendapat Rumah Gratis

Sabtu, 10 April 2010 13:55 WIB

JAKARTA--MI: Pemerintah Kabupaten Boven Digoel, Papua, menyediakan 220 rumah gratis bagi warganya selain memberikan bantuan material pembangunan ribuan rumah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Boven Digoel Asaf Tandi, di Boven Digoel, Sabtu (10/4), mengatakan, rumah itu nantinya akan menjadi hak milik warga yang akan menempati. "Sejak tahun 2006, kami mulai membangun rumah untuk warga. Ada tiga lokasi yang sudah dibangun maisng-masing 100 unit, 80 unit dan 40 unit," kata Asaf Tandi. Rumah itu akan diserahkan kepada warga melalui Dinas Sosial setempat.

Sementara itu, Bupati Boven Digoel Yusak Yaluwo mengatakan, rumah itu akan diberikan kepada warga asli Papua agar mereka tidak tersisih ke pinggiran. "Jika pembangunan berjalan, warga asli sering teringkar (tersisih, red) ke pinggiran. Kira tidak ingin untuk itu sehingga kita bangunkan rumah di tengah kota," kata Bupati Yusak Yaluwo .

Kepala Bagian Humas Pemda Boven Digoel, Paino, menambahkan, pemerintah daerah tidak hanya memberikan rumah dalam bentuk jadi tapi juga memberikan bantuan meterial. "Mereka punya tanah tapi tidak mampu beli bahan bangunan. Kami berikan kayu, seng, semen dan bahan lain lalu mereka sendiri yang mengerjakan rumah," katanya.

Ia mengatakan, hingga kini sudah ada sekitar 2000 warga yang dibantu untuk membangun rumah dengan menyediakan material bangunan. Menurut dia, pemerintah daerah juga sedang mempertimbangkan penyediaan rumah bagi para PNS dengan bekerja sama dengan bank. (Ant/OL-01) 

Sumber : 
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/04/10/135131/130/101/Warga-Boven-Digoel-Mendapat-Rumah-Gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar