Kamis, 22 April 2010

PAPUA BARAT : Umat Beragama Hidup Penuh dengan Toleransi

Rabu, 21 April 2010

BINTUNI (Suara Karya): Kabupaten Bintuni, Provinsi Papua Barat telah menyelenggarakan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) akhir pekan lalu, guna mempersiapkan diri menghadapi kejuaraan MTQ Tingkat Provinsi Papua Barat, yang berlangsung di Kota Sorong, 10 Mei 2010 ini. MTQ Bintuni ini berjalan aman dan lancar.
Masalah religi di kalangan masyarakat Papua Barat, benar-benar menjadi sangat penting. Sebab, kesadaran warga setempat terhadap ajaran agama sangat tinggi. "Ini berlaku untuk semua pemeluk agama di Papua Barat baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu Buddha dan lainnya," kata Bupati Bintuni, drg Alfons Manibui DESS, kepada wartawan di Bintuni, akhir pekan lalu. 
Dikatakan, yang terpenting sekarang warga Papua Barat, khususnya masyarakat Bintuni dididik untuk saling menghargai. Terutama, antar umat beragama di daerah ini demi untuk kemajuan pembangunan Bintuni ke depan. Mereka hidup penuh toleransi. 
Menyangkut MTQ ketiga di Kabupaten Bintuni tersebut, kata Ketua Panitianya, Abduk Muin Ritarita, kegiatan ini diikuti 73 qori/qoriah terbaik dari masing-masing distrik. Antara lain Distrik Aranday, Sumuri, Aroba dan Distrik Kamundan. 
Menyangkut persiapan MTQ tingkat Provinsi Papua Barat, yang berlangsung di Kota Sorong, 10 Mei 2010 ini, berbagai kegiatan sudah dilakukan. Termasuk, anggaran yang disiapkan melalui aksi pengumpulan dana spontan. Dana yang terkumpul hingga kini mencapai Rp 12 miliar. 
Dalam setiap tatap muka dengan masyarakat pengusaha dan para tokoh masyarakat baik di Sorong, mau pun di Manokwari, ibu kota Papua Barat, Gubernur Bram Atururi, meminta kontribusi dari semua pihak demi menyukseskan terselenggaranya MTQ tingkat Papua Barat tersebut. 
Gubernur memuji partisipasi masyarakat Papua Barat, dalam memberikan kontribusinya bagi terselenggaranya acara ini. "Saya mengharapkan partisipasi semua pihak untuk menyukseskan penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Papua Barat 2010 di Kota Sorong," kata Atururi. (Yacob Nauly) 
Sumber : http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=251398

Tidak ada komentar:

Posting Komentar